Saturday, June 20, 2015

Pengertian Hardware

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan kepada anda apa itu hardware, pengertian hardware beserta contohnya. berbicara soal hardware memang tidak akan pernah selesai hanya dengan satu post saja, karena setiap tahun atau setiap bulan, para pengembang dan produsen hardtware akan selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang tentunya akan membuat hardware menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Pengertian Hardware
Hardware atau biasa dipanggil dengan perangkat keras di indonesia (bukan batu atau besi ya teman-teman ..:D). pengertian hardware ini sebenarnya agak menjlimet ya, secara bahasa jika kita translate, hardware merupakan perangkat keras, tetapi tidak sekedar perangkat keras saja. Pengertian hardwareyang sebenarnya adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat alat-nya dapat dilihat oleh mata manusia dan juga bisa diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata (bukan astral kayak software :D), yang berfungsi untuk mendukung dan melakukan proses komputerisasi.

Nah, hardware ini bisa bekerja menurut perintah yang sudah ditentukan pada hardware tersebut. Perintah yang sudah ditentukan pada hardware ini biasanya disebut Instruction Set. lha.. dengan instruction set ini hardware dapat melakukan berbagaimacam aktivitas kegiatan yang diberikan oleh si pemberi perintah. memang secara fisik hardware mempunyai berbagai komponen yang saling bersinergi dan membentuk satu kesatuan yang utuh. nah, sinergi dari berbagai komponen tersebut yang menghasilkan aktivitas hardware yang akurat (sesuai dengan perintah). Tapi apabila salah satu komponen tersebut tumbang(weits pohon kalee :D..), maka juga akan mempengaruhi kinerja komponen-komponen yang lain. Nah, komponen komputer tersebut termasuk kedalam elemen perangkat keras (Hardware element). Lalu ada berapa macam hardware itu ? santai boss .. berdasarkan fungsinya, perangkat keras di bagi menjadi 5 jenis, antara lain:

Jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya:

  1. Input Device (Unit Masukan)
  2. Process Device (Unit Pemrosesan)
  3. Output Device (Unit Keluaran)
  4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
  5. Periferal (Unit Tambahan)
Cukup banyak bukan ? tetapi sebenarnya komponen utama komputer hanya terdiri dari Input Device, Process Device, Output dan Backing storage device. (Oh, hampir semuanya ya.. :D). Input device atau unit masukan biasanya terdiri atas mouse dan keyboard. Process Device atau Unit pemrosesan terdiri atas Microprocessor seperti ALU, Internal Comunication, Control section dan Registers. Outpu device atau unit keluaran biasanya terdiri dari Monitor dan Printer saja. Backing storage external memory terdiri dari penyimpaan yang berasal dari luar komputer, seperti Floppy disk, Hard disk external, Magnetic Tape dan CD-ROM. Sedangkan Backing Internal Storage biasanya terdiri dari 2 komponen yaitu RAM dan ROM. dan yang terakhir adalah Periferal atau komponen tambahan, nah komponen tambahan ini merupakan komponen yang sebelumnya belum ada dalam komponen inti dari komputer. Contoh komponen periferal adalah Modem, TV Turner dan Capture Card.

Nah, sekarang kita akan membahas jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya beserta dengan contohnya. simak baik baik dan resapi pembahsannya ya :D

1. Input Device (Unit Masukan)

Pengertian Hardware
Pastinya yang pertama adalah, Input device ini merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai penyalur atau media perantara yang memasukan data atau perintah dari luar lalu memasukkanya kedalam sebuah memory dan unit pemrosesan atau processor yang nantinya akan diolah dan menghasilkan suatu informasi yang diinginkan serta akurat. Lalu data yang sudah dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat membentuk signal input dan maintenance input. kemudian signal input berbentuk data yang kemudian akan dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.nah, Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat juga digunakan untuk memasukkan program. dan berdasarkan sifatnya, peralatan input ini dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu :

Jenis Input Device berdasarkan sifatnya:

  1. Peralatan Input Langsung: Yaitu Input device yang langsung dimasukkan dan diproses langsung oleh alat pemrosesan. Contoh peralatan input langsung antara lain: Mouse, Keyboard, Touchpad, Lightpen dan Scanner.
  2. Peweralatan Input Tidak Langsung: Yaitu Input device yang diproses melalui media atau perantara, jadi tidak langsung diproses oleh alat pemrosesan. Contoh peralatan input tidak langsung antara lain: Punched Card, Hardisk dan Disket.

Contoh Input Device antara lain:

  • Ketboard: Keyboard adalah input device yang sangat penting dalam suatu pengolahan data yang menggunakan komputer, pasalnya kegunaan keyboard ini sangatlah vital seperti untuk mengetik atau memasukan huruf, memasukan angka maupun karakter yang khusus. Penemu Keyboard adalah Christopher Latham pada tahun 1868 kemudian di produksi secara masal pada tahun 1887 oleh perusahaan Remington. dan keyboard yang sering digunakan pada zaman sekarang adalah jenis QWERTY.

Jenis-jenis keyboard:

  1. Keyboard QWERTY
  2. Keyboard DVORAK
  3. Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard yang biasa digunakan sekarang adalah keyboard QWERTY, tapi taukah anda bagain-bagain keyboard QWERTY ini, ada bagian-bagiannya toh ? (ya adalah... -_________-").

Bagian-bagian Keyboard QWERTY antara lain:

  1. Typewriter key
  2. Numeric Key
  3. Function Key
  4. Special Function Key
  • Mouse: Mouse adalah Input device (Unit Masukan), Fungsi mouse ini adalah sebagai alat untuk memindah kursor atau pointer juga sebagai alat yang praktis. Mouse ini mulai digunakan sejak OS (sistem Operasi) sudah berbasis GUI (Graphical User Interface). Mouse juga terdiri dari beberapa port. Jenis-jenis port mouse antara lain:
  1. Mouse Serial
  2. Mouse PS/2
  3. Wireless
  • Touchpad: Touchpad adalah Input device pada laptop dan notebook yang fungsinya hampir sama dengan Mouse. Touchpad ini juga bisa dipanggil mousenya laptop dan notebook.
  • Lightpen: Lightpen adalah pointer elektrik atau elektronik yang digunakan untuk mendesign dan memodifikasi gambar di layar monitor.
  • Joy Stick dan Games Paddle: Joy Stick dan Games Paddle adalah Input device yang berhubungan dengan games, (para gamers pasti sudah mengenal sekali alat ini). Joy stick biasanya berbentuk batang atau tongkat dan Games Paddle biasanya berbentuk kotak dengan dilengkapi tombol yang berguna untuk menggerakan objek dalam sebuah game yang dijalankan.
  • Barcode: Barcode adalah sebuah alat yang biasanya bisa anda temukan saat anda belanja (dikasir biasanya ..:D), Fungsi Barcode adalah sebagai pembaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. (di belakang kemasan).
  • Scanner: Scanner adalah sebuah mesin atau alat yang mempunyai fungsi sebagai pengcopy atau penyalin data yang nantinya akan disimpan dalam sebuah memory yang digunakan untuk kepentingan tertentu. Sebenarnya scanner ini sama dengan mesin foto copy, namun bedanya scanner ini bisa menampilkan data hasil copy kedalam bentuk digital (beda dengan foto copy dalam bentuk kertas). Scanner yang beredar luas dipasaran biasanya juga dilengkapi dengan OCR (Optical Character Recognition). nah, fungsi OCR adalah untuk mengcopy atau menyalin data dalam bentuk kertas.
  • Digital Camera: Sekarang camera juga termasuk input device karena teknologi sudah semakin berkembang.
  • Microphone dan Headphone: Microphone adalah suatu input device yang digunakan untuk menyimpan suara dalam memory sedangkan Fungsi headphone adalah untuk mendengarkan suara.
  • Graphics pads: Graphics Pads adalah alat yang mempunyai teknologi CAD( Computer Aided Design), kamu dapat mendesign berbagai macam bentuk dengan alat ini, seperti mendesign rumah, mobil bahkan pesawat.

2. Process Device (Unit Pemrosesan)

Komponen Process Device atau komponen unit pemrosesan antara lain adalah sebagai berikut:
Pengertian Hardware

  • Power Supplay: Power Supplay adalah alat yang digunakan untuk menyediakan aliran listrik tetap tetap yang nantinya dapat digunakan untuk komputer. Kualitas dari alat ini tentunya juga sangat berpengaruh pada kinerja dan kualitas kerja komputer.
  • RAM (Random Acces Memory): RAM adalah Random Acces Memory yang sebenarnya bisa juga disebut sebagai memory komputer. Memory atau RAM ini merupada hardware yang berfungsi sebagai memory penyimpanan sementara. Jadi Fungsi RAM adalah sebagai Penyimpanan Sementara pada komputer yang nantinya akan menyuplai data yang penting dan sangat dibutuhkan kepada proccesor.
  • Kartu Grafis: Fungsi kartu grafis adalah sebagai kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan berbagai macam tampilan di layar komputer. Contoh kartu grafis yang terkenal adalah ATI, MATROX dan NVIDIA.
  • Processor: Processor adalah otaknya komputer, processor ini biasanya juga disebut CPU. Fungsi processor adalah sebagai komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang dapat membuat komputer dapat menjalankan berbagai macam aktivitasnya.
  • Motherboard: Motherboard adalah papan ibu/papan induk/papan mama (namanya juga mother, pasti ada unsur ibunya :D) atau papan sirkuit sebagai tempat bagi berbagai macam komponen saling bersinergi. pada orang-orang TI biasanya menyebut motherboard ini sebagai 'mobo', dan pada mobo inilah berbagai komponen seperti ram, hardisk dan perangkat keras lainnya dihubungkan sehingga saling bersinergi.

3. Output Device (Perangkat Keluaran)

Terdiri dari berbagai komponen, komponen Output Device antara lain adalah sebagai berikut:
Pengertian Hardware
  • Monitor: Monitor adalah salah satu dari bagian soft copy device karena monitor ini mengeluarkan signal elektronik yang berupa visual yang akan tampil pada layar kaca monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan informasi yang berasal dari input device.
  • Printer: Printer adalah sebuah perangkat keras yang nantinya akan dihubungkan dengan komputer. fungsi printer adalah untuk mencetak sesuatu baik itu gambar, huruf maupun angka yang nantinya akan dicetak pada kertas. Jenis-jenis printer antara lain: Printer Ink Jet, Printer Dot Metrix, Printer Laser Jet,  dll.
  • Speaker: Speaker adalah sebuah hardware yang digunakan untuk menghasilkan getaran suara yang berupa audio. fungsi speaker adalah mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan berbagai komponennya yang berupa selaput.

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)

Backing storage adalah tempat penyimpanan data yang sekunder atau kedua, komponen Backing Storage adalah:
  • Harddisk (HDD): Harddisk adalah sebuah media penyimpanan (hardware) komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan komputer sekunder (kedua), didalamnya terdapat piringan magnetis. Penemu Harddisk atau penemu HDD yang pertama adalah Reynold Johnson pada tahun 1956.

5. Periferal (Unit Tambahan)

Periferal atau unit tambahan adalah sebuah hardware tambahan yang menambah nilai fungsi komputer sendiri, contoh periferal atau contoh unit tambahan adalah antara lain sebagai berikut :
  • Modem: Modem adalah suatu rangkaian komponen yang melalui sebuah proses yang bisa disebut sebagai proses modulasi. Pengertian proses modulasi adalah proses “menumpangkan” data pada sebuah frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) kepada sinyal informasi ataupesan agar dapat dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. dan dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi.
  • Kartu Suara(Sound Card): Kartu suara atau SoundCard adalah unit tambahan (Hardware). Fungsi Sound Card adalah digunakan sebagai alat untuk mengeluarkan dan merekam berbagai macam suara. Jenis-jenis souncard berdasarkan pemasangannya dibagi menjadi tiga, yaitu : Sound Card onboard (soundcard yang langsung menempel pada mobo). Sound Card Offboard( Sound Card yang pemasangannya pada ISA/PCI mobo), Sound Card external, namanya juga external pasti diluarkan .. :D (Sound card yang penghubungannya dilakukan melalui port external komputer).
Nah, demikian yang dapat saya sampaikan tentang pengertian hardware,  Jenis-jenis hardware beserta fungsinya dan jenis jenis hardware beserta contohnya, semoga artikel ini bermanfaat yah.. semangat ..!! www.specup.my.id

No comments:

Post a Comment

Follow by Email